Jumat, 08 Maret 2013

Program Kesiswaan SMA - SMK PRISMA Kota Serang 2012-2013



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan ke khadirat Allah SWT  atas limpahan rahmat dan hidayahnya, SMA Prisma Serang telah menyusun rencana program kerja kesiswaan SMA Prisma Kota serang

Program kesiswaan  SMA Prisma disusun dengan mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan model-model pembelajaran atau program yang dihasilkan oleh Pusat Kurikulum. Potensi sekolah, kondisi lingkungan, budaya lokal, wawasan nasional serta pandangan global menjadi bagian yang kami pertimbangkan dalam penyusunan kurikulum ini.

Pada saat ini kami nyatakan bahwa program kesiswaan yang kami susun ini telah memadai untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam pelaksanaan program pendidikan pada SMA Prisma Serang. Namun demikian penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan.   

Program kesiswaan SMA Prisma ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2012/2013. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Tim Penyusun, staf sekolah dan staf Yayasan Prisma Sanjaya yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun program ini, Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.



            Serang;    Juli 2012
Kepala SMA Prisma                                                             Kesiswaan
Kota Serang


Iswandrianto, S.Pd.,M.Si                                                    Drs. Riski Alfian.
NIP. 196009051981031011



BAB  I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan  kebudayaan manusia yang
dinamis dan sarat dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi  secara terus menerus. Karena  itu perubahan atau perkembangan pendidikan  adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan.
            Pendidikan yang mampu mendukung tetap tegaknya hukum dan pembangunan disegala bidang pada masa yang akan datang  adalah pendidikan yang mampu membangun kreatifitas dan memberdayakan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang di alaminya.
            Pendidikan harus  menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Konsep pendidikan tsb terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki  kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk mengatasi problema yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari . Tantangan masa depan perlu terus – menerus untuk dipersiapkan guna menghadapinya, karena tantangan tsb dapat berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, seni , dll.
            Guna mempersiapkan diri menghadapi  hari esok bagi generasi  yang saat ini menempuh pendidikan di tingkat SLTA, maka diperlukan oleh mereka kekuatan diri serta mengetahui kelemahan diri nya, agar dapat berkompetisi dengan masyarakat lainnya
            Oleh karena itu SMA PRISMA  SERANG, perlu membuat program untuk peserta didik agar mempunyai nilai- nilai kompetensi yang lebih baik dibandingkan  kelompok masyarakat lainnya. Program ini dibuat dengan melalui bidang kesiswaan , karena di sini dapat kita melihat kemampuan seseorang bukan hanya berdasarkan kemampuan akademik namun juga berdasarkan kemampuan yang lainnya, diantaranya, kemampuan pengembangan karakter,  
pengembangan diri dan kepribadian, serta tanggung jawab baik itu sebagai warga sosial maupun sebagai individu. 

     B. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
     Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
    Nasional  Pendidikan


3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional ( Permendiknas) No. 22 Tahun 2006 ttg
    Standar Isi
4. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )

     C. TUJUAN PENYUSUNAN   PROGRAM  KESISWAAN
1. Meningkatkan pemahaman tentang perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi
    pembelajaran berbasis kompetensi
2. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensi diri
    melalui pembelajaran yang bersifat langsung pada lingkungannya.
3. Peserta didik mempunyai rasa tanggung jawab ( Responsibility) pada hal- hal yang
    berhubungan dengan sosial maupun terhadap diri sendiri.
4. Peserta didik mempunyai kemampuan, sbb ;
    1. Mencapai kematangan dalam beriman kepada Allah SWT
    2. Bersikap mandiri baik secara emosional, intelektual dan social
    3. Mencapai kematangan dalam memahami lingkungan
    4. Berkomunikasi efektif dengan teman dan berapresiasi secara produktif
    5. Bersikap positif terhadap aturan.
    6. Mampu berkomunikasi dengan system diluar sekolah  (dengan instansi lain , OSIS )
    7. Mampu melaksanakan aturan dan norma dengan pemahaman
    8. Mampu menetapkan pilihan sekolah lanjut setelah SMA

     D. SASARAN
            1. Keadaan Peserta Didik
            2. Keadaan Pendidik dan tenaga kependidikan
            3. Sumber dana penopang kegiatan kesiswaan
            4. Sarana/ prasarana penunjang kegiatan kesiswaan
            5. Administrasi kesiswaan
            6. keadaan lingkungan sekolah



 B. Kelas  ( Rombel )  dan siswa menurut  tingkat dan jenis kelamin tiap program pengajaran

NO
PROGRAM PENGAJARAN
TINGKAT X
TINGKAT XI
TINGKAT XII
JUMLAH
RomBel
Siswa
RomBel
Siswa
RomBel
Siswa
RomBel
Siswa
L
P
L
P
L
P
L
P
1
UMUM
5
55
91






5
55
91
2
I P A



4
41
77
3
30
77
7
71
154
3
I P S



3
45
44
2
29
34
5
74
78

JUMLAH
5
55
91
7
86
121
5
59
111
17
200
323
146
207
170
523


    C. Siswa menurut  tingkat, jenis kelamin dan kelompok umur

Umur
Tingkat   X
Tingkat   XI
Tingkat   XII
Jumlah
L
P
L
P
L
P
L
P
L + P
< 13 tahun









13  tahun









14  tahun
1
4




1
4
5
15  tahun
35
70
3
4


38
74
112
16  tahun
18
16
60
97
1
8
79
121
200
17  tahun
1
1
20
19
44
75
65
95
160
18  tahun



1
13
27
13
28
41
19  tahun


2

1

3

3
20  tahun


1


1
1
1
2
21  tahun









> 21 tahun









Jumlah
55
91
86
121
59
111
200
323
523


    D. Siswa menurut klasifikasi agama

Agama
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Jumlah
Islam
138
198
159
495
Khatolik
3
-
2
5
Protestan
4
7
6
17
Hindu
1
1
-
2
Budha
-
1
3
4
Jumlah
146
207
170
523



E. VISI SMA PRISMA KOTA SERANG:
TERWUJUDNYA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS “PRISMA”
( Potensial , Rasional , Intelektual , Spiritual ,  Managerial ,  Akuntabel )

F. MISI SMA PRISMA KOTA SERANG

Deskripsi karakteristik, spesifikasi produk yang ingin dicapai dan dihasilkan oleh
SMA Prisma Kota Serang dinyatakan dalam Misi sekolah sebagai pesan dan tugas setiap individu serta lembaga secara kolektif.
Misi SMA Prisma Serang:
  1. Membangun  manajemen sekolah yang berkualitas, efektif dan amanah.
  2. Menyelangarakan pendidikan berdasarkan Kurikulum SMA Prisma yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan spritual serta dibekali keterampilan hidup (life skill).
  4. Terpenuhinya fasilitas belajar sesuai standar sarana prasarana.
  5. Membina kehidupan religius dan kerukunan antar umat beragama.
  6. Menumbuhkembangkan daya kreatifitas siswa melalui kegiatan organisasi dan ekstra kurikuler.
  7. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.

G. TUJUAN SMA PRISMA KOTA SERANG

Selaras dengan visi, misi dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan Nasional ditetapkan tujuan sekolah
  1. Terselenggara manajemen sekolah yang berkualitas, efektif dan amanah.
  2. Menyediakan fasilitas belajar yang memadai serta lingkungan belajar yang nyaman sehingga tercipta kondisi belajar mengajar yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
  3. Peningkatan kompetensi guru sesuai tugas pokok dan fungsinya.
  4. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan bermakna.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran pengayaan (enrichment).
  6. Menumbuhkembanggkan siswa dalam hal kebiasaan,  kebutuhan dan kegemaran membaca.
  7. Meningkatkan kompetensi siswa terhadap penguasaan bahasa Ingggris.
  8. Membekali siswa dengan pendidikan Life Skill.
  9. Membangun karakter melalui penerapan disiplin dan tata tertib.
  10.  Menyelenggarakan program pengembangan diri dalam upaya membangun daya kreatifitas siswa melalui kegiatan organisasi dan ekstra kurikulker sesuai minat dan bakat.

H. MOTTO SMA PRISMA KOTA SERANG
Melalui pencapaian tujuan pendidikan SMA Prisma tersebut diharapkan dapat menghasilkan:

Ø  Siswa Cerdas

Proses pendidikan yang diselenggarakan SMA Prisma diharapkan dapat menghasilkan siswa yang cerdas; baik kecerdasan intelektual, kecerdasan Emosional maupun kecerdasan Spiritual. Menguasai teknologi dan keterampilan giat dalam bekerja, ulet dan tangguh dalam berusaha, jujur dan berakhlak mulia..

Ø  Guru bangga

Kepuasan guru terwujud apabila dia berhasil dalam mendidik siswa. Indikator yang alami (natural) namun akurat untuk mengetahui keberhasilannya adalah pada saat guru merasa bangga terhadap siswanya.

Ø  Orangtua bahagia

Pelaksanaan pendidikan bagi siswa di sekolah terkait dengan pelaksanan kewajiban orangtua siswa dalam memberi pendidkan kepada anaknya. Orangtua siswa mempunyai tugas dan tangungjawab untuk membekali anaknya dengan pengetahuan dan keterampilan serta akhlak mulia sebagai bekal anaknya untuk dapat hidup sejahtera dan bermartabat.
Sejatinya, setiap kewajiban yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab maka yang bersangkutan mempunyai hak atas hasil pelaksanaannya. Hak orangtua siswa yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam menyekolahkan anak adalah memperoleh kebahagian atas prestasi dan perkembangan positif yang signifikan dari anaknya.
Siswa merupakan amanah orangtua siswa yang diemban sekolah. Setiap orangtua siswa pasti menginginkan agar anaknya berhasil dalam belajar. Orangtua siswa akan bahagia hanya apabila anaknya berhasil seperti yang diinginkan para orangtua siswa.

Ø  Prisma Jaya

SMA Prisma Serang bernaung di bawah Yayasan Prisma Sanjaya. Kepercayaan masyarakat adalah modal utama untuk memajukan lembaga pendidikan ini. Kepercayaan tercipta apabila masyarakat terutama orangtua siswa puas dengan layanan pendidikan yang diselenggarakan
.
Ø  Indonesia Raya

Prinsip dasar pendidikan adalah mengubah siswa dari status beban menjadi aset. Proses pendidikan yang diselenggarakan SMA Prisma Serang diharapkan menghasilkan manusia Indonesia yang dapat berperan dalam pembangunan bangsa, bukan hanya sebagai generasi penerus tetapi bahkan menjadi generasi pencipta sebagai bangsa yang bermartabat, Indonesia Raya

  


BAB   III
PROGRAM KESISWAAN

Pengembangan potensi siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, maka diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis

A. .TUJUAN PEMBINAAN KESISWAAN
  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)

B.  SASARAN DAN RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
  1. Sasaran pembinaaan kesiswaan meliputi siswa  kelas x ( sepuluh ) sampai kelas XII        ( dua belas ), baik itu laki-laki maupun perempuan
2    Pembinaan kesiswaan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuer dan kokurikuler
3    Materi pembinaan kesiswaan meliputi ;
a.       KEIMANAN & KETAQWAAN TERHADAP  TUHAN YANG MAHA ESA
b.      BUDI PEKERTI LUHUR ATAU AKHLAK MULIA;
c.       KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN BELA NEGARA;
d.      PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN / ATAU OLAHRAGA SESUAI BAKAT DAN MINAT;
e.       DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK, LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL;
f.       KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN;
g.      KUALITAS JASMANI, KESEHATAN, DAN GIZI BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI;
h.      SASTRA DAN BUDAYA;
i.        TEKNOLOGI  INFORMASI DAN KOMUNIKASI;
j.        KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS.
q  MATERI PEMBINAAN KESISWAAN, DIJABARKAN DALAM JENIS-JENIS KEGIATAN.
q  JENIS KEGIATAN DAPAT DIKEMBANGKAN OLEH SEKOLAH..
C. ORGANISASI PEMBINAAN KESISWAAN
            Organisasi yang ada di SMA PRISMA Kota Serang adalah OSIS ( Organisasi Siswa Intra Sekolah ). Dalam pelaksanakan aktualisasi kegiatannya OSIS mempunyai kelompok / organisasi kecil  , dimana  segala kegiatan pada organisasi/ kelompok tersebut tetap berpegang teguh pada kegiatan OSIS secara menyeluruh.
Organisasi  tersebut , diantaranya adalah ;
1. PRAMUKA
2. PASKIBRA
3. KARATE  CLUB
Disamping kegiatan OSIS yang dilakukan oleh kelompok / organisasi kecil tersebut, juga ada kegiatan yang langsung di lakukan oleh OSIS, diantaranya ; Futsal, Baskel ball , Volly Ball, dan  Seni  Budaya

D. TANGGUNG JAWAB PEMBINAAN KESISWAAN
            1. Kepala Sekolah                   :
            2. Wa Ka Kesiswaan
            3. Pembina OSIS
            4. Wali Kelas
            5. Dewan Guru

E. JENIS  KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN
  1. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a.       Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b.      Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c.       Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d.      Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e.       Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f.       Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.

  1. Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a.       Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b.      Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c.       Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
d.   Menumbuhkembangkan kesadaran untuk  rela berkorban terhadap sesama
e.    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f.    Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,
       keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)

  1. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan  kebangsaan dan bela Negara          
a.   Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan/atau sabtu, serta   
      hari-hari besar nasional
b.   Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
c.   Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d.   Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat  bernilai sejarah
e.   Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
f.    Melaksanakan kegiatan bela negara
g.    Menjaga dam menghormati simbol dan lambang negara
h.    Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara

  1. Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
            a.  Mengadakan/ mengikuti  lomba mata pelajaran/program keahlian
b.  Menyelenggarakan/ mengikuti  kegiatan ilmiah
c.  Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa
     Iptek
d.  Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke
     tempat- tempat sumber belajar
e.  Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f.  Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g.  Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
h.  Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
i.   Menyelenggarakan festival dan lomba seni
j.   Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga



        5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan
 hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural,
 antara lain ;
a.       Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b.      Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c.       Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d.      Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e.       Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f.       Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g.      Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

        6. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a.       Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c.       Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d.      Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
e.       Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.

        7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang   
            teridentifikasi antara lain:
a.       Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b.      Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c.       Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d.      Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e.       Melaksanakan hidup aktif;
f.       Melakukan diversifikasi pangan;
g.      Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

        8. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a.       Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b.      Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c.       Meningkatkan daya cipta sastra;
d.      Meningkatkan apresiasi budaya.

 9.  Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a.       Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
b.      Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c.       Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

      10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
a.       Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b.      Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
c.       Melaksanakan English Day;
d.      Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
Melaksanakan lomba puzzies 




BAB   IV
PEMBINAAN KESISWAAN
DI SMA PRISMA  KOTA SERANG

  1. SASARAN
Dalam kegiatan kesiswaan yang dilaksanakan di SMA Prisma Kota Serang
Seluruh siswa  SMA Prisma dari kelas X sampai kelas XII.

  1. JENIS PEMBINAAN
Di SMA Prisma dilaksanakan melalui kegiatan ekstra kurikuler dan Ko-kurikuler, yang dilakukan di lingkungan sekolah

  1. Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a.       Melaksanakan sholat berjamaah ( karena mayoritas siswa muslim )
b.      Memperingati hari besar beragama, antara lain :
1)      1 Muharam
2)      Maulid Nabi Muhammmad SAW
3)      Isra Mi’raj
4)      Pesantren Ramadhan
5)      Dll
c.       Membina toleransi antar umat beragama, melalui kegiatan pembelajaran di kelas secara kelompok oleh setiap guru ataupun melalui pembinaan secara massal dan individu
d.      Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan, antara lain ;
1)      Loma  baca alquran
2)      Lomba azan
3)      Lomba kaligrafi
4)      Lomba nasyid
5)      Dll

  1.  Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a.       Melaksanakan  7 K ( keamanan, kebersihan, ketertiban,keindahan kekeluargaan, kedamaian, kerindangan ), melalui; kegiatan pembelajaran di kelas ataupun melalui upacara setiap hari senin
b.      Pembinaan tata tertib sekolah, melalui kegiatan ; menasehati, menegur dan memperingati bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah
c.       Melakukan gotong royong di lingkungan sekolah atau di luar sekolah
d.      Mengadakan bakti sosial
e.       Selalu mengucapkan salam pada warga sekolah
f.       Dll

  1. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan  kebangsaan dan bela Negara
a.       Melakukan upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional
b.      Kegiatan ke pramukaan
c.       Kegiatan baris berbaris
d.      Menyanyikan lagu- lagu nasional
e.       Dll

  1. Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a.       Mengikuti kegiatan lomba mata pelajaaran, seperti olimpiade
b.      Mengadakan kunjungan ( studi wisata ) ke tempat sumber belajar di luar lingkungan sekolah
c.       Memanfaaatkan perpustakaaan dan Pusat sumber belajar
d.      Menyelenggarakan klub sains; di SMA Prisma dilakukan melalui program P3A        ( program Pengembangan prestasi Akdemik ) untuk mata pelajaran :Matematika, Kimia,Biologi, Ekonomi dan Akutansi, Bahasa Inggris, Komputer ( IT )
e.       Menyelengggarakan festival dan lomba seni
f.       Menyelenggarakan  lomba olah raga antar kelas
g.      Dll

  1. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan
 hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural,
 antara lain ;
a.       Melaksanakan LDKMS dan LDKO bagi calon pengurus OSIS
b.      Melakukan kegiatan Masa Bimbingan siswa ( Mabis ) bagi siswa baru
c.       Melakukan kegiatan kelompok belajar melalui kegiatan program P3A
d.      Dll

  1. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a.       Meningkatkan krestivitas  pengetahuan tata rias rambut dan kecantikan sehingga siswa mempunyai kompetenssi llife skill untuk masa yyang akan datang dan dapat dijadikan dalam bentuk usaha


  1. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang  
       teridentifikasi antara lain:
a.       Membina perilaku hidup bersih, melalui, penampilan sehari-hari, membuang sampah pada tempatnya, memakan jajan yang sehat, dll
b.      Melakukan penyuluhan pencegahan Narkoba, psikotropika, Miras, rokok, HIV-Aids, melalui kegiatan  penyuluhan dari pihak yang berkompeten, seperti kepolisisan, BNN, Dinas kesehatan, PMI,ulama, dll

  1. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a.       Mengadakan dan mengikuti lomba baca dan tulis puisi, cerpen, karikatur, dll
b.      Mengadakan lomba band, dll
c.       Membina  siswa yang mempunyai kemampuan memainkan alat musik
d.      Membina siswa yang berpotensi pada bidang seni tarik suara

  1. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a.       Memanfaatkan TIK untuk proses belajar
b.      Mengadakaan klub belajar khusus TIK, melalui program P3A

  1. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
a.       Mengadakan lomba pidato
b.      Lomba menulis dan membaca
c.       Lomba Scrabble
d.      Mengadakan klub belajar khusus untuk bahasa Inggris, melalui P3A
e.       Membina siswa dalam pemahiran bahasa inggris ( English Profeciency )
f.       Dll
  



ROMBONGAN BELAJAR
SMA  PRISMA  KOTA SERANG
TAHUN 2012-2013

Periode : Juli – Oktober 2012

KELAS X
KELAS  XI
KELAS   XII
IPA
IPS
IPA
IPS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
3
1
1
2
1
1
2
1
2
1

1
1
5
4
3
3
2
5
7
5


Periode :  November 2012 –  Februari 2013

KELAS X
KELAS  XI
KELAS   XII
IPA
IPS
IPA
IPS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
3
1
1
2
1

2
1
2
1
1
1
1
5
3
3
4
2
5
6
6


Periode : Maret 2013    Juni 2013

KELAS X
KELAS  XI
KELAS   XII
IPA
IPS
IPA
IPS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
REG
PLUS
AKS
REG
PLUS
3
1

2
1
1
2
1
2
1
1
1
1
4
4
3
4
2
4
7
6




JUMLAH SISWA
SMA PRISMA  KOTA SERANG
TAHUN 2012 – 2013


KELAS
KELAS  X
KELAS  XI
KELAS  XII
L / P
L
P
L
P
L
P
55
91
86
121
59
111
JUMLAH
146
207
170
TOTAL
523



DATA KEGIATAN  EKSTRA KURIKULER

SEKOLAH                 : SMA PRISMA  KOTA SERANG
TAHUN                      : 2012 – 2013


NO
JENIS KEGIATAN
PESERTA
JL
WAKTU KEGIATAN
NAMA PEMBINA
TEMPAT KEGIATAN
KELAS  X
KELAS  XI
KELAS  XII
L
P
JL
L
P
JL
L
P
JL

HARI
PUKUL


1
FUTSAL
27

27
18

18
10

10
40
Senin, Rabu, Jumat
16.00 - selesai
HAFID
KAMPUS SMA-SMK PRISMA
2
BASKET
25
15
40
15
7
22
9
4
13
74
Selasa, Kamis, Sabtu
16.00 - selesai
HAFID
3
VOLLY
15
7
22
8
4
12
7
3
10
36
Selas-kamis
16.00 - selesai
ARIFIN
4
KARATE
9
6
14
6
8
14

1

23
Sabtu
16.00 - selesai
ERIC
5
PRAMUKA
6
12
18
5
7
12
4

4
23
Jumat
16.00 - selesai
JAMILAH
6
PKS
15


5


8


28
Minggu

HAFID
7
TATA RIAS

15
15

23
23

12
12
50
Tiap hari
13.30 – selesai
AMI
8
BAND
15

15
18

18
17

17
40
Tiap hari
13.30 – selesai
RIDWAN
9
PASKIBRA
7
6
13
5
4
9



22
Sabtu
16.00 - selesai
HAFID
10
SENI  TARI

15
15

8
8



23
Sabtu
13.30-15.30
RISKI

 

PROGRAM  KERJA  BIDANG  KESISWAAN
SMA PRISMA  KOTA SERANG
TAHUN 2012 – 2013

NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET
1
Pelaksanaan Penerimaan Siswa baru 2012 – 2013
. Kegiatan Penerimaan
  Siswa baru
    a. Persiapan
    b. Pelaksanaan
    c. Pelaporan

Calon Siswa kelas  X
Mei    s.d. Juli 2012

Panitia  Dewan Guru
Kelas  X =  9 kelas
               =  9 x 32
               = 288
Aksel  =  1 kelas
            = 1 x 28
            = 28
V
2
Pelaksanaan Massa orientasi  Siswa  / MABIS  tahun 2012-2013
Kegiatan MABIS
    a. Persiapan
    b. Pelaksanaan
    c. Pelaporan





Siswa kelas  X
Juli 2012

Kesiswaan
Pembina OSIS
Panitia PSB
Siswa kelas X dapat beradaptasi dengan lingkungan SMA Prisma
V
NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET
3
Pelaksanaan Penetapan kelas X dan kelas XI
Kelas X
a..Dilakukan melalui tes potensi
     Akademik, ,
b. Hasil tes potensi di rangking
     Kelas X
c. kelompok kelas ditentukan
    berdasarkan rangking Kelas X
d.Input nilai raport  siswa kelas
    X yang terdiri darikelompok
    Mata pelajaran IPA dan IPS
c. Siswa mengajukan minat jurursan
 d. Guru mata pelajaran IPA
    ( Matematika,   Fisika , Kimia
    dan Biolog )mengajukancalon
    calon siswa  untukjurusan IPA
e Dewan guru memusyawarahkan
    dan menetapkan jurusan untuk
    di kelas XI
Siswa kelas  X






Siswa kelas XI
Juli 2012






Mei – Juni 2012

Panitia PSB






Guru BK








V
4
Pendataan kondisi  siswa 
Pengelompokkan siswa berdasarkan
    a. Jenis kelamin
    b. Kelompok kelas
    c. Usia
    d. Agama
    e. Tempat tinggal
    f.  Minat / hobby
Siswa kelas  X , XI  dan XII
Juli 2012

Kesiswaan
Guru BK
Wali kelas



V
NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET
5
Pembentukan  dan Pembinaan pengurus OSIS
a. Pengurus OSIS yang sedang
     berjalan melakukan persiapan
     pemilihan kepengurusan OSIS
     untuk tahun yang akan datang
b.Latihan dasar Kepemimpinan siswa
    ( LDKMS )
c. Latihan dasar kepemimpinan
    organisasi  ( LDKO )
d. Pemilihan pengurus OSIS dan MPK
e. Rapat Pengurus OSIS dan MPK
f.  Penyusunan program kerja
    OSIS-MPK













Siswa kelas X , XI























September 2012

Kesiswaan
Pembina OSIS






NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET
6
Pembinaan kegiatan EkstraKurikuler
a. Penyusunan  program ekstrakurukuler
b. Penetapan instruktur  / pembina
c. Data  siswa yang mengikuti
    kegiatan ekstrakurikuler
d. Program ekstrakurikuler

     1. Pramuka ;
         a). Perlengkapan Pramuka
         b)  Penyusunan program kerja
         c)  Penerimaan anggota
         d)  Diklat anggota
         e)  Bakti sosial
         f)   Penataran Pembina
         g)  Perkemahan
         h)  Transport Pembina

     2. Kerohanian
         a) Penyusunan program kerja
         b) Penerimaan anggota
         c) Penataran Pembina
         d) Diklat anggota
         e) Peringatan hari Besar islam
         f)  Peringatan hari besar islam
             (PHBI)  Isra Mi’raj
Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012







Agustus  2012
S . d
Juni 2013


Kesiswaan
Pembina OSIS
Pembina Ekstrakurikuler




Pembina Pramuka








Pembina Kerohanian






NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN

SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET


                  Tahun baru  ! Muharam
                  Maulid  Rasullullah SAW
                  Pesantren Ramadhan
                  Perayaan idul Fitri dan
                   idul Adha, d l l
        g)  Bakti Sosial

     3. Olah raga FUTSAL
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi Futsal
         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

      4) Olah raga BASKEL BALL
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi  Basket ball
         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012
S d
Juni 2013








Pembina Futsal








Pembina Basket


NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET


      5) Olah raga VOLLY BALL
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi  Volly  Ball
         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

       6) Olahraga SEPAK BOLA
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi  Sepak Bola
         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

       7). Olah Raga KARATE
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi  Karate

Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012
S d
Juni 2013

Pembina Volly








Pembina Sepakbola








Pembina Karate


NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET


         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

       8) Olah raga ATLETIK
         a) Penyusunan program
         b) Penerimaan Anggota
         c) Peralatan dan kostum
         d) Pertandingan persahabatan
         e) Kompetisi  Atletik
         f)  Class meeting
         g) Transport Pembina

       9) Kegiatan bela Negara
            Memperingati  hari-hari besar
            nasional seperti :
            Upacara bendera setiap Senin
                Proklamasi RI
                Sumpah pemuda
                Hari pahlawan,     d l l

     10) Lingkungan Hidup
            Program ini mencakup ;
            a) Pemeliharaan lingkungan
            b) Pemberdayaan lingkungan
            c) Pemanfaatan lingkungan
Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012
S d
Juni 2013




Pembina Atletik








Pembina OSIS








Pembina lingkungan hidup



NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET


11) Seni Budaya
            a) Seni Musik ; antara lain
                       Band
                       Vokal group
                       Alat musik
            b) Seni gerak/ tari
                       Tari tradisonal
                       Tari modern
                       Kabaret
            c) Seni sastera
                       Puisi
                      Drama

       12) TEATER
              a) Penyusunan program
              b) Penerimaan Anggota
              c) Peralatan dan kostum
              d) Lomba teater
              e) Transport Pembina

      13) TATA RIAS
              a) Penyusunan program
              b) Penerimaan Anggota
              c) Peralatan
              e) Transport Pembina
Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012
S d
Juni 2013


Pembina seni  music




Pembina seni tari


Pembina sastera



Pembina teater






Pembina tata Rias





Mendapatkan juara I , pada Festival band


Juara I FLS2N tingkat Kota Serang
Juara I pada kegiatan lomba Seni dan sastera








Siswa mampu melakukan proses pengguntingan rambut dengan baik

NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET


       14) PASKIBRA
              a) Penyusunan program
              b) Penerimaan Anggota
              c) Peralatan dan kostum
              e) Transport Pembina
Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII



Juli 2012
S d
Juni 2013

Pembina Paskibra


7.
Bimbingan dan Konseling
a) Bimbingan Belajar
     Bimbingan yang dilakukan untuk
     memberikan  informasi tentang
     belajar yang baik ataupun
     menentukan bagaimana belajar
     yang baik
b) Bimbingan Pribadi
     Bimbingan yang dilakukan tentang
     bagaimana seorang/ pribadi dalam
     menentukan cara belajar,
     bersikappada diri sendiri ataupun
     bersikap pada orang lain , baik itu
     yang seusia / lebih muda ataupun
     yang lebih tua
c) Bimbingan Sosial
     Bimbingan yang dilakukan  ,
     Bagaimana seseorang itu bersikap
     pada oranglain dan masyarakat


Siswa kelas  X , XI dan Kelas  XII
Juli 2012
S d
Juni 2013

Kesiswaan
Guru  BK
Wali Kelas
Terbentuknya :
a.. Siswa yang mempunyai karakter  yang baik sebagai seorang pelajar
b. Mampu melaksanakan kegiatan pembe;ajaran dengan baik
c. Terjalinnya hubungan social dan komunikasi yang baik antar siswa dan seluruh komponen keluarga besar sekolah

NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET



d) Bimbingan  Karier
     Bimbingan yang mengarahkan /
     membantu siswa untuk  mencari /
     menentukan pendidikan tinggi
     sesuai dengan minat siswa
e) Kunjungan  kerumah siswa
      ( Home visit )
f) Pembinaan siswa  secara individu
     atau kelompok yang bermasalah
     dalam hal belajar, social,  dan
     pribadi
g) Pembinaan pada siswa yang
     berprestasi diantaranya melalui
     program P3A
h) Pembinaan kedisiplinan
 i) dan lain- lian
Siswa kelas  X , Xi dan kelas XII








Juli 2012
S d
Juni 2013


d.. Banyak  kelas XII siswa yang dapat melanjutkan ke PTN ( > 50 % dari jumlah siswa )

8
Penglepasan Siswa kelas XII

a) Penyusunan program
b) Peralatan dan perlengkapan
c) Sound sisyem
d) Konsumsi
e) Hiburan
f) Transportasi kegiatan


Siswa kelas  XII
Mei 2013


Kesiswaan
Pembina OSIS


NO
KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
SASARAN
WAKTU PELAKSANAAN
KEBUTUHAN BIAYA
PENANGGUNG JAWAB
TARGET
KET
9


10
Pengumuman kelulusan

Alumni
a. Penyampaian kelulusan siswa
     kelas XII

a) Pendataan siswa yang telah di
     terima di perguruan tinggi
b) Pertemuan alumni  SMA PRISMA
Siswa kelas  XII
Mei 2013


Juni 2012 s/d Oktober 2012

Kurikulum
Kesiswaan

Kesiswaan
Pembina OSIS


Lulus 100 %


Terjalin komunikasi yang insentif sesame alumni





           
                                                                                                                                                                                                            Serang, Juli 2012

Mengetahui,
Kepala  SMA PRISMA                                                                                 Waka  Kesiswaan



Iswandrianto,S.Pd.,M.Si                                                                                  Drs. Riski Alfian
NIP : 1960 0905 1981031011




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar