KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan ke khadirat Allah SWT
atas limpahan rahmat dan hidayahnya, SMA Prisma Serang telah menyusun rencana
program kerja kesiswaan SMA Prisma Kota serang
Program kesiswaan
SMA Prisma disusun dengan mengacu pada standar
isi dan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan
model-model pembelajaran atau program yang dihasilkan oleh Pusat Kurikulum.
Potensi sekolah, kondisi lingkungan, budaya lokal, wawasan nasional serta
pandangan global menjadi bagian yang kami pertimbangkan dalam penyusunan
kurikulum ini.
Pada saat ini
kami nyatakan bahwa program kesiswaan yang kami susun ini telah memadai untuk
dijadikan pedoman dan acuan dalam pelaksanaan program pendidikan pada SMA
Prisma Serang. Namun demikian penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus
dilakukan.
Program kesiswaan
SMA Prisma ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2012/2013. Kami mengucapkan
terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Tim Penyusun, staf sekolah dan staf
Yayasan Prisma Sanjaya yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun
program ini, Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala
upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Serang; Juli
2012
Kepala SMA Prisma Kesiswaan
Kota Serang
Iswandrianto, S.Pd.,M.Si
Drs. Riski Alfian.
NIP. 196009051981031011
BAB
I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Pendidikan
adalah salah satu bentuk perwujudan
kebudayaan manusia yang
dinamis dan
sarat dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi secara terus menerus. Karena itu perubahan atau perkembangan
pendidikan adalah hal yang memang
seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan.
Pendidikan yang mampu mendukung
tetap tegaknya hukum dan pembangunan disegala bidang pada masa yang akan
datang adalah pendidikan yang mampu
membangun kreatifitas dan memberdayakan potensi peserta didik, sehingga yang
bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang di alaminya.
Pendidikan harus menyentuh potensi
nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Konsep pendidikan tsb terasa
semakin penting ketika seseorang harus memasuki
kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena yang bersangkutan harus
mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk mengatasi problema yang
dihadapi dalam kehidupan sehari-hari . Tantangan masa depan perlu terus – menerus
untuk dipersiapkan guna menghadapinya, karena tantangan tsb dapat berkembang
sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, seni , dll.
Guna
mempersiapkan diri menghadapi hari esok
bagi generasi yang saat ini menempuh
pendidikan di tingkat SLTA, maka diperlukan oleh mereka kekuatan diri serta
mengetahui kelemahan diri nya, agar dapat berkompetisi dengan masyarakat
lainnya
Oleh
karena itu SMA PRISMA SERANG, perlu
membuat program untuk peserta didik agar mempunyai nilai- nilai kompetensi yang
lebih baik dibandingkan kelompok
masyarakat lainnya. Program ini dibuat dengan melalui bidang kesiswaan , karena
di sini dapat kita melihat kemampuan seseorang bukan hanya berdasarkan
kemampuan akademik namun juga berdasarkan kemampuan yang lainnya, diantaranya,
kemampuan pengembangan karakter,
pengembangan diri dan kepribadian, serta tanggung jawab
baik itu sebagai warga sosial maupun sebagai individu.
B. LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional ( Permendiknas)
No. 22 Tahun 2006 ttg
Standar
Isi
4. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan ( SKL )
C. TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM
KESISWAAN
1. Meningkatkan pemahaman tentang perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi
pembelajaran berbasis kompetensi
2. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensi diri
melalui pembelajaran yang
bersifat langsung pada lingkungannya.
3. Peserta didik mempunyai rasa tanggung jawab ( Responsibility) pada hal-
hal yang
berhubungan dengan sosial maupun
terhadap diri sendiri.
4. Peserta didik mempunyai kemampuan, sbb ;
- Mencapai kematangan dalam beriman kepada Allah SWT
- Bersikap mandiri baik secara emosional, intelektual dan social
- Mencapai kematangan dalam memahami lingkungan
- Berkomunikasi efektif dengan teman dan berapresiasi secara produktif
- Bersikap positif terhadap aturan.
- Mampu berkomunikasi dengan system diluar sekolah (dengan instansi lain , OSIS )
- Mampu melaksanakan aturan dan norma dengan pemahaman
- Mampu menetapkan pilihan sekolah lanjut setelah SMA
D. SASARAN
1. Keadaan Peserta Didik
2. Keadaan Pendidik dan
tenaga kependidikan
3. Sumber dana penopang
kegiatan kesiswaan
4. Sarana/ prasarana
penunjang kegiatan kesiswaan
5. Administrasi kesiswaan
6. keadaan lingkungan sekolah
B. Kelas ( Rombel )
dan siswa menurut tingkat dan
jenis kelamin tiap program pengajaran
NO
|
PROGRAM
PENGAJARAN
|
TINGKAT
X
|
TINGKAT
XI
|
TINGKAT
XII
|
JUMLAH
|
||||||||
RomBel
|
Siswa
|
RomBel
|
Siswa
|
RomBel
|
Siswa
|
RomBel
|
Siswa
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||||
1
|
UMUM
|
5
|
55
|
91
|
|
|
|
|
|
|
5
|
55
|
91
|
2
|
I P A
|
|
|
|
4
|
41
|
77
|
3
|
30
|
77
|
7
|
71
|
154
|
3
|
I P S
|
|
|
|
3
|
45
|
44
|
2
|
29
|
34
|
5
|
74
|
78
|
|
JUMLAH
|
5
|
55
|
91
|
7
|
86
|
121
|
5
|
59
|
111
|
17
|
200
|
323
|
146
|
207
|
170
|
523
|
C. Siswa menurut tingkat, jenis kelamin dan kelompok umur
Umur
|
Tingkat X
|
Tingkat XI
|
Tingkat XII
|
Jumlah
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L + P
|
|
< 13 tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13 tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 tahun
|
1
|
4
|
|
|
|
|
1
|
4
|
5
|
15 tahun
|
35
|
70
|
3
|
4
|
|
|
38
|
74
|
112
|
16 tahun
|
18
|
16
|
60
|
97
|
1
|
8
|
79
|
121
|
200
|
17 tahun
|
1
|
1
|
20
|
19
|
44
|
75
|
65
|
95
|
160
|
18 tahun
|
|
|
|
1
|
13
|
27
|
13
|
28
|
41
|
19 tahun
|
|
|
2
|
|
1
|
|
3
|
|
3
|
20 tahun
|
|
|
1
|
|
|
1
|
1
|
1
|
2
|
21 tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
> 21 tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
55
|
91
|
86
|
121
|
59
|
111
|
200
|
323
|
523
|
D. Siswa menurut klasifikasi agama
Agama
|
Kelas
X
|
Kelas
XI
|
Kelas
XII
|
Jumlah
|
Islam
|
138
|
198
|
159
|
495
|
Khatolik
|
3
|
-
|
2
|
5
|
Protestan
|
4
|
7
|
6
|
17
|
Hindu
|
1
|
1
|
-
|
2
|
Budha
|
-
|
1
|
3
|
4
|
Jumlah
|
146
|
207
|
170
|
523
|
E.
VISI SMA PRISMA KOTA SERANG:
TERWUJUDNYA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS “PRISMA”
( Potensial , Rasional
, Intelektual , Spiritual , Managerial
, Akuntabel )
F. MISI SMA
PRISMA KOTA SERANG
Deskripsi karakteristik, spesifikasi
produk yang ingin dicapai dan dihasilkan oleh
SMA Prisma Kota Serang dinyatakan dalam Misi sekolah sebagai pesan dan tugas
setiap individu serta lembaga secara kolektif.
Misi SMA Prisma Serang:
- Membangun manajemen sekolah yang berkualitas, efektif dan amanah.
- Menyelangarakan pendidikan berdasarkan Kurikulum SMA Prisma yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan spritual serta dibekali keterampilan hidup (life skill).
- Terpenuhinya fasilitas belajar sesuai standar sarana prasarana.
- Membina kehidupan religius dan kerukunan antar umat beragama.
- Menumbuhkembangkan daya kreatifitas siswa melalui kegiatan organisasi dan ekstra kurikuler.
- Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.
G. TUJUAN SMA PRISMA KOTA SERANG
Selaras dengan visi, misi dengan mengacu
kepada tujuan Pendidikan Nasional ditetapkan tujuan sekolah
- Terselenggara manajemen sekolah yang berkualitas, efektif dan amanah.
- Menyediakan fasilitas belajar yang memadai serta lingkungan belajar yang nyaman sehingga tercipta kondisi belajar mengajar yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
- Peningkatan kompetensi guru sesuai tugas pokok dan fungsinya.
- Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang efektif dan bermakna.
- Menyelenggarakan pembelajaran pengayaan (enrichment).
- Menumbuhkembanggkan siswa dalam hal kebiasaan, kebutuhan dan kegemaran membaca.
- Meningkatkan kompetensi siswa terhadap penguasaan bahasa Ingggris.
- Membekali siswa dengan pendidikan Life Skill.
- Membangun karakter melalui penerapan disiplin dan tata tertib.
- Menyelenggarakan program pengembangan diri dalam upaya membangun daya kreatifitas siswa melalui kegiatan organisasi dan ekstra kurikulker sesuai minat dan bakat.
H. MOTTO SMA PRISMA KOTA SERANG
Melalui pencapaian tujuan pendidikan SMA
Prisma tersebut diharapkan dapat menghasilkan:
Ø Siswa Cerdas
Proses pendidikan yang
diselenggarakan SMA Prisma diharapkan dapat menghasilkan siswa yang cerdas;
baik kecerdasan intelektual, kecerdasan Emosional maupun kecerdasan Spiritual.
Menguasai teknologi dan keterampilan giat dalam bekerja, ulet dan tangguh dalam
berusaha, jujur dan berakhlak mulia..
Ø Guru bangga
Kepuasan guru terwujud apabila
dia berhasil dalam mendidik siswa. Indikator yang alami (natural) namun akurat
untuk mengetahui keberhasilannya adalah pada saat guru merasa bangga terhadap
siswanya.
Ø Orangtua bahagia
Pelaksanaan pendidikan bagi
siswa di sekolah terkait dengan pelaksanan kewajiban orangtua siswa dalam
memberi pendidkan kepada anaknya. Orangtua siswa mempunyai tugas dan
tangungjawab untuk membekali anaknya dengan pengetahuan dan keterampilan serta
akhlak mulia sebagai bekal anaknya untuk dapat hidup sejahtera dan bermartabat.
Sejatinya, setiap kewajiban
yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab maka yang bersangkutan mempunyai
hak atas hasil pelaksanaannya. Hak orangtua siswa yang telah melaksanakan tugas
dan tanggung jawabnya dalam menyekolahkan anak adalah memperoleh kebahagian
atas prestasi dan perkembangan positif yang signifikan dari anaknya.
Siswa merupakan amanah
orangtua siswa yang diemban sekolah. Setiap orangtua siswa pasti menginginkan
agar anaknya berhasil dalam belajar. Orangtua siswa akan bahagia hanya apabila
anaknya berhasil seperti yang diinginkan para orangtua siswa.
Ø Prisma Jaya
SMA Prisma Serang bernaung di
bawah Yayasan Prisma Sanjaya. Kepercayaan masyarakat adalah modal utama untuk
memajukan lembaga pendidikan ini. Kepercayaan tercipta apabila masyarakat
terutama orangtua siswa puas dengan layanan pendidikan yang diselenggarakan
.
Ø Indonesia Raya
Prinsip dasar pendidikan
adalah mengubah siswa dari status beban menjadi aset. Proses pendidikan yang
diselenggarakan SMA Prisma Serang diharapkan menghasilkan manusia Indonesia
yang dapat berperan dalam pembangunan bangsa, bukan hanya sebagai generasi
penerus tetapi bahkan menjadi generasi pencipta sebagai bangsa yang
bermartabat, Indonesia Raya
BAB III
PROGRAM KESISWAAN
Pengembangan potensi siswa sesuai dengan fungsi
dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggungjawab, maka diperlukan pembinaan
kesiswaan secara sistematis
A. .TUJUAN PEMBINAAN KESISWAAN
- Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
- Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
- Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
- Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
B. SASARAN DAN RUANG LINGKUP
PEMBINAAN KESISWAAN
- Sasaran pembinaaan kesiswaan meliputi siswa kelas x ( sepuluh ) sampai kelas XII ( dua belas ), baik itu laki-laki maupun perempuan
2 Pembinaan
kesiswaan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuer dan kokurikuler
3 Materi
pembinaan kesiswaan meliputi ;
a.
KEIMANAN & KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA
b.
BUDI PEKERTI LUHUR ATAU AKHLAK MULIA;
c.
KEPRIBADIAN UNGGUL, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN BELA
NEGARA;
d.
PRESTASI AKADEMIK, SENI DAN / ATAU OLAHRAGA SESUAI
BAKAT DAN MINAT;
e.
DEMOKRASI, HAK ASASI MANUSIA, PENDIDIKAN POLITIK,
LINGKUNGAN HIDUP, KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT
PLURAL;
f. KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN;
g. KUALITAS JASMANI, KESEHATAN, DAN GIZI
BERBASIS SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI;
h. SASTRA DAN BUDAYA;
i.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI;
j.
KOMUNIKASI
DALAM BAHASA INGGRIS.
q MATERI PEMBINAAN KESISWAAN, DIJABARKAN DALAM
JENIS-JENIS KEGIATAN.
q JENIS KEGIATAN
DAPAT DIKEMBANGKAN OLEH SEKOLAH..
C. ORGANISASI PEMBINAAN KESISWAAN
Organisasi
yang ada di SMA PRISMA Kota Serang adalah OSIS ( Organisasi Siswa Intra Sekolah
). Dalam pelaksanakan aktualisasi kegiatannya OSIS mempunyai kelompok /
organisasi kecil , dimana segala kegiatan pada organisasi/ kelompok tersebut
tetap berpegang teguh pada kegiatan OSIS secara menyeluruh.
Organisasi
tersebut , diantaranya adalah ;
1. PRAMUKA
2. PASKIBRA
3. KARATE
CLUB
Disamping kegiatan OSIS yang dilakukan oleh
kelompok / organisasi kecil tersebut, juga ada kegiatan yang langsung di
lakukan oleh OSIS, diantaranya ; Futsal, Baskel ball , Volly Ball, dan Seni
Budaya
D. TANGGUNG JAWAB PEMBINAAN KESISWAAN
1. Kepala Sekolah :
2. Wa Ka Kesiswaan
3. Pembina OSIS
4. Wali Kelas
5. Dewan Guru
E. JENIS KEGIATAN PEMBINAAN
KESISWAAN
- Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a. Melaksanakan peribadatan sesuai dengan
ketentuan agama masing-masing.
b.
Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c. Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan
norma agama;
d. Membina toleransi kehidupan antar umat
beragama;
e. Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa
keagamaan;
f. Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan
keagamaan di sekolah.
- Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a.
Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b.
Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti
sosial);
c. Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan
tata krama pergaulan;
d. Menumbuhkembangkan
kesadaran untuk rela berkorban terhadap
sesama
e. Menumbuhkembangkan
sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f. Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan,
kebersihan, ketertiban,
keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan
kerindangan)
- Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela Negara
a. Melaksanakan
upacara bendera pada hari senin dan/atau sabtu, serta
hari-hari besar nasional
b. Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars &
Hymne)
c. Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d. Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah
e. Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan
semangat perjuangan para pahlawan
f. Melaksanakan kegiatan bela negara
g. Menjaga dam menghormati simbol dan lambang
negara
h. Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan
antar negara
- Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a. Mengadakan/ mengikuti lomba mata pelajaran/program keahlian
b. Menyelenggarakan/ mengikuti kegiatan ilmiah
c. Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi
panel yang bernuansa
Iptek
d. Mengadakan
studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke
tempat- tempat
sumber belajar
e. Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f. Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil
penelitian
g. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan
sekolah
h. Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
i. Menyelenggarakan
festival dan lomba seni
j. Menyelenggarakan
lomba dan pertandingan olahraga
5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan
hidup,
kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural,
antara
lain ;
a. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di
dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b. Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip
kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang
lain dalam pergaulan masyarakat;
e. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar,
diskusi, debat dan pidato;
f. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru
yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g.
Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan
sekolah.
6. Pembinaan kreativitas,
keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a.
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam
menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di
bidang barang dan jasa;
c.
Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
d.
Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman
kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
e.
Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui
sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
7. Pembinaan kualitas
jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
teridentifikasi antara
lain:
a.
Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b.
Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c.
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika,
psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
d. Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e. Melaksanakan hidup aktif;
f. Melakukan diversifikasi pangan;
g. Melaksanakan
pengamanan jajan anak sekolah.
8. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a. Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa
di bidang sastra;
b. Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan
budaya;
c. Meningkatkan daya cipta sastra;
d. Meningkatkan apresiasi budaya.
9. Pembinaan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan
pembelajaran;
b.
Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan
inovasi;
c.
Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas
kebangsaan.
10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara
lain:
a. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b.
Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
c. Melaksanakan English Day;
d. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam
bahasa Inggris (Story Telling);
Melaksanakan lomba puzzies
BAB IV
PEMBINAAN KESISWAAN
DI SMA PRISMA KOTA SERANG
- SASARAN
Dalam kegiatan
kesiswaan yang dilaksanakan di SMA Prisma Kota Serang
Seluruh siswa SMA Prisma dari kelas X sampai kelas XII.
- JENIS PEMBINAAN
Di SMA Prisma
dilaksanakan melalui kegiatan ekstra kurikuler dan Ko-kurikuler, yang dilakukan
di lingkungan sekolah
- Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a. Melaksanakan
sholat berjamaah ( karena mayoritas siswa muslim )
b. Memperingati
hari besar beragama, antara lain :
1) 1
Muharam
2) Maulid
Nabi Muhammmad SAW
3) Isra
Mi’raj
4) Pesantren
Ramadhan
5) Dll
c. Membina
toleransi antar umat beragama, melalui kegiatan pembelajaran di kelas secara
kelompok oleh setiap guru ataupun melalui pembinaan secara massal dan individu
d. Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan,
antara lain ;
1) Loma baca alquran
2) Lomba
azan
3) Lomba
kaligrafi
4) Lomba
nasyid
5) Dll
- Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain:
a.
Melaksanakan
7 K ( keamanan, kebersihan, ketertiban,keindahan kekeluargaan,
kedamaian, kerindangan ), melalui; kegiatan pembelajaran di kelas ataupun
melalui upacara setiap hari senin
b.
Pembinaan tata tertib sekolah, melalui kegiatan ;
menasehati, menegur dan memperingati bagi siswa yang melanggar tata tertib
sekolah
c.
Melakukan gotong royong di lingkungan sekolah atau
di luar sekolah
d.
Mengadakan
bakti sosial
e.
Selalu
mengucapkan salam pada warga sekolah
f.
Dll
- Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela Negara
a.
Melakukan
upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nasional
b.
Kegiatan ke pramukaan
c.
Kegiatan baris berbaris
d.
Menyanyikan lagu- lagu nasional
e.
Dll
- Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a.
Mengikuti
kegiatan lomba mata pelajaaran, seperti olimpiade
b.
Mengadakan
kunjungan ( studi wisata ) ke tempat sumber belajar di luar lingkungan sekolah
c.
Memanfaaatkan
perpustakaaan dan Pusat sumber belajar
d.
Menyelenggarakan
klub sains; di SMA Prisma dilakukan melalui program P3A (
program Pengembangan prestasi Akdemik ) untuk mata pelajaran :Matematika,
Kimia,Biologi, Ekonomi dan Akutansi, Bahasa Inggris, Komputer ( IT )
e.
Menyelengggarakan festival dan lomba seni
f.
Menyelenggarakan
lomba olah raga antar kelas
g.
Dll
- Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan
hidup,
kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural,
antara
lain ;
a. Melaksanakan
LDKMS dan LDKO bagi calon pengurus OSIS
b. Melakukan
kegiatan Masa Bimbingan siswa ( Mabis ) bagi siswa baru
c. Melakukan
kegiatan kelompok belajar melalui kegiatan program P3A
d. Dll
- Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
a. Meningkatkan krestivitas pengetahuan tata rias rambut dan kecantikan
sehingga siswa mempunyai kompetenssi llife skill untuk masa yyang akan datang
dan dapat dijadikan dalam bentuk usaha
- Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
teridentifikasi
antara lain:
a. Membina
perilaku hidup bersih, melalui, penampilan sehari-hari, membuang sampah pada
tempatnya, memakan jajan yang sehat, dll
b. Melakukan
penyuluhan pencegahan Narkoba, psikotropika, Miras, rokok, HIV-Aids, melalui
kegiatan penyuluhan dari pihak yang
berkompeten, seperti kepolisisan, BNN, Dinas kesehatan, PMI,ulama, dll
- Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a. Mengadakan dan mengikuti lomba baca dan
tulis puisi, cerpen, karikatur, dll
b.
Mengadakan lomba band, dll
c. Membina
siswa yang mempunyai kemampuan memainkan alat musik
d. Membina siswa yang berpotensi pada bidang
seni tarik suara
- Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain:
a. Memanfaatkan
TIK untuk proses belajar
b. Mengadakaan klub belajar khusus TIK,
melalui program P3A
- Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
a. Mengadakan
lomba pidato
b. Lomba
menulis dan membaca
c. Lomba
Scrabble
d. Mengadakan
klub belajar khusus untuk bahasa Inggris, melalui P3A
e. Membina
siswa dalam pemahiran bahasa inggris ( English Profeciency )
f. Dll
ROMBONGAN BELAJAR
SMA PRISMA
KOTA SERANG
TAHUN 2012-2013
Periode : Juli –
Oktober 2012
KELAS X
|
KELAS
XI
|
KELAS
XII
|
||||||||||
IPA
|
IPS
|
IPA
|
IPS
|
|||||||||
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
3
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
|
1
|
1
|
5
|
4
|
3
|
3
|
2
|
||||||||
5
|
7
|
5
|
Periode : November
2012 – Februari 2013
KELAS X
|
KELAS
XI
|
KELAS
XII
|
||||||||||
IPA
|
IPS
|
IPA
|
IPS
|
|||||||||
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
3
|
1
|
1
|
2
|
1
|
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
3
|
3
|
4
|
2
|
||||||||
5
|
6
|
6
|
Periode : Maret 2013
– Juni 2013
KELAS X
|
KELAS
XI
|
KELAS
XII
|
||||||||||
IPA
|
IPS
|
IPA
|
IPS
|
|||||||||
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
REG
|
PLUS
|
AKS
|
REG
|
PLUS
|
3
|
1
|
|
2
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
||||||||
4
|
7
|
6
|
JUMLAH SISWA
SMA PRISMA KOTA SERANG
TAHUN 2012 – 2013
KELAS
|
KELAS X
|
KELAS XI
|
KELAS XII
|
|||
L / P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
55
|
91
|
86
|
121
|
59
|
111
|
|
JUMLAH
|
146
|
207
|
170
|
|||
TOTAL
|
523
|
DATA KEGIATAN
EKSTRA KURIKULER
SEKOLAH :
SMA PRISMA KOTA SERANG
TAHUN :
2012 – 2013
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
PESERTA
|
JL
|
WAKTU KEGIATAN
|
NAMA PEMBINA
|
TEMPAT KEGIATAN
|
|||||||||
KELAS X
|
KELAS XI
|
KELAS XII
|
|||||||||||||
L
|
P
|
JL
|
L
|
P
|
JL
|
L
|
P
|
JL
|
|
HARI
|
PUKUL
|
|
|
||
1
|
FUTSAL
|
27
|
|
27
|
18
|
|
18
|
10
|
|
10
|
40
|
Senin,
Rabu, Jumat
|
16.00
- selesai
|
HAFID
|
KAMPUS SMA-SMK
PRISMA
|
2
|
BASKET
|
25
|
15
|
40
|
15
|
7
|
22
|
9
|
4
|
13
|
74
|
Selasa,
Kamis, Sabtu
|
16.00
- selesai
|
HAFID
|
|
3
|
VOLLY
|
15
|
7
|
22
|
8
|
4
|
12
|
7
|
3
|
10
|
36
|
Selas-kamis
|
16.00
- selesai
|
ARIFIN
|
|
4
|
KARATE
|
9
|
6
|
14
|
6
|
8
|
14
|
|
1
|
|
23
|
Sabtu
|
16.00
- selesai
|
ERIC
|
|
5
|
PRAMUKA
|
6
|
12
|
18
|
5
|
7
|
12
|
4
|
|
4
|
23
|
Jumat
|
16.00
- selesai
|
JAMILAH
|
|
6
|
PKS
|
15
|
|
|
5
|
|
|
8
|
|
|
28
|
Minggu
|
|
HAFID
|
|
7
|
TATA RIAS
|
|
15
|
15
|
|
23
|
23
|
|
12
|
12
|
50
|
Tiap
hari
|
13.30
– selesai
|
AMI
|
|
8
|
BAND
|
15
|
|
15
|
18
|
|
18
|
17
|
|
17
|
40
|
Tiap
hari
|
13.30
– selesai
|
RIDWAN
|
|
9
|
PASKIBRA
|
7
|
6
|
13
|
5
|
4
|
9
|
|
|
|
22
|
Sabtu
|
16.00
- selesai
|
HAFID
|
|
10
|
SENI TARI
|
|
15
|
15
|
|
8
|
8
|
|
|
|
23
|
Sabtu
|
13.30-15.30
|
RISKI
|
|
PROGRAM KERJA BIDANG KESISWAAN
SMA PRISMA KOTA
SERANG
TAHUN 2012 – 2013
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
1
|
Pelaksanaan Penerimaan Siswa baru 2012 – 2013
|
. Kegiatan Penerimaan
Siswa baru
a.
Persiapan
b.
Pelaksanaan
c.
Pelaporan
|
Calon Siswa kelas
X
|
Mei s.d.
Juli 2012
|
|
Panitia Dewan
Guru
|
Kelas X
= 9 kelas
= 9 x 32
= 288
Aksel = 1 kelas
=
1 x 28
= 28
|
V
|
2
|
Pelaksanaan Massa orientasi Siswa
/ MABIS tahun 2012-2013
|
Kegiatan MABIS
a.
Persiapan
b.
Pelaksanaan
c.
Pelaporan
|
Siswa kelas X
|
Juli 2012
|
|
Kesiswaan
Pembina OSIS
Panitia PSB
|
Siswa kelas X dapat beradaptasi dengan lingkungan
SMA Prisma
|
V
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
3
|
Pelaksanaan Penetapan kelas X dan kelas XI
|
Kelas X
a..Dilakukan melalui tes potensi
Akademik,
,
b. Hasil tes potensi di rangking
Kelas X
c. kelompok kelas ditentukan
berdasarkan
rangking Kelas X
d.Input nilai raport
siswa kelas
X yang
terdiri darikelompok
Mata pelajaran
IPA dan IPS
c. Siswa mengajukan minat jurursan
d. Guru mata
pelajaran IPA
(
Matematika, Fisika , Kimia
dan Biolog
)mengajukancalon
calon
siswa untukjurusan IPA
e Dewan guru memusyawarahkan
dan
menetapkan jurusan untuk
di kelas
XI
|
Siswa kelas X
Siswa kelas XI
|
Juli 2012
Mei – Juni 2012
|
|
Panitia PSB
Guru BK
|
|
V
|
4
|
Pendataan kondisi
siswa
|
Pengelompokkan siswa berdasarkan
a. Jenis
kelamin
b.
Kelompok kelas
c. Usia
d. Agama
e. Tempat
tinggal
f. Minat / hobby
|
Siswa kelas X
, XI dan XII
|
Juli 2012
|
|
Kesiswaan
Guru BK
Wali kelas
|
|
V
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
5
|
Pembentukan
dan Pembinaan pengurus OSIS
|
a. Pengurus OSIS yang sedang
berjalan
melakukan persiapan
pemilihan
kepengurusan OSIS
untuk
tahun yang akan datang
b.Latihan dasar Kepemimpinan siswa
( LDKMS )
c. Latihan dasar kepemimpinan
organisasi
( LDKO )
d. Pemilihan pengurus OSIS dan MPK
e. Rapat Pengurus OSIS dan MPK
f. Penyusunan
program kerja
OSIS-MPK
|
Siswa kelas X , XI
|
September 2012
|
|
Kesiswaan
Pembina OSIS
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
6
|
Pembinaan kegiatan EkstraKurikuler
|
a. Penyusunan
program ekstrakurukuler
b. Penetapan instruktur / pembina
c. Data siswa
yang mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler
d. Program ekstrakurikuler
1.
Pramuka ;
a).
Perlengkapan Pramuka
b) Penyusunan program kerja
c) Penerimaan anggota
d) Diklat anggota
e) Bakti sosial
f) Penataran Pembina
g) Perkemahan
h) Transport Pembina
2.
Kerohanian
a)
Penyusunan program kerja
b)
Penerimaan anggota
c)
Penataran Pembina
d) Diklat anggota
e) Peringatan hari Besar islam
f) Peringatan hari besar islam
(PHBI)
Isra Mi’raj
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
Agustus 2012
S . d
Juni 2013
|
|
Kesiswaan
Pembina OSIS
Pembina Ekstrakurikuler
Pembina Pramuka
Pembina Kerohanian
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
Tahun baru ! Muharam
Maulid
Rasullullah SAW
Pesantren Ramadhan
Perayaan idul Fitri dan
idul Adha, d l l
g) Bakti Sosial
3. Olah
raga FUTSAL
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e)
Kompetisi Futsal
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
4) Olah
raga BASKEL BALL
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e)
Kompetisi Basket ball
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Pembina Futsal
Pembina Basket
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
5) Olah
raga VOLLY BALL
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e) Kompetisi Volly
Ball
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
6)
Olahraga SEPAK BOLA
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e) Kompetisi Sepak Bola
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
7).
Olah Raga KARATE
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e) Kompetisi Karate
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Pembina Volly
Pembina Sepakbola
Pembina Karate
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
8) Olah
raga ATLETIK
a)
Penyusunan program
b)
Penerimaan Anggota
c)
Peralatan dan kostum
d)
Pertandingan persahabatan
e)
Kompetisi Atletik
f) Class meeting
g)
Transport Pembina
9)
Kegiatan bela Negara
Memperingati hari-hari besar
nasional seperti :
Upacara bendera setiap Senin
Proklamasi RI
Sumpah pemuda
Hari pahlawan, d l l
10)
Lingkungan Hidup
Program ini mencakup ;
a)
Pemeliharaan lingkungan
b)
Pemberdayaan lingkungan
c)
Pemanfaatan lingkungan
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Pembina Atletik
Pembina OSIS
Pembina lingkungan hidup
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
11) Seni Budaya
a)
Seni Musik ; antara lain
Band
Vokal group
Alat musik
b)
Seni gerak/ tari
Tari tradisonal
Tari modern
Kabaret
c) Seni sastera
Puisi
Drama
12)
TEATER
a) Penyusunan program
b) Penerimaan Anggota
c) Peralatan dan kostum
d) Lomba teater
e) Transport Pembina
13) TATA
RIAS
a) Penyusunan program
b) Penerimaan Anggota
c) Peralatan
e) Transport Pembina
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Pembina seni
music
Pembina seni tari
Pembina sastera
Pembina teater
Pembina tata Rias
|
Mendapatkan juara I , pada Festival band
Juara I FLS2N tingkat Kota Serang
Juara I pada kegiatan lomba Seni dan sastera
Siswa mampu melakukan proses pengguntingan rambut
dengan baik
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
14)
PASKIBRA
a) Penyusunan program
b) Penerimaan Anggota
c) Peralatan dan kostum
e) Transport Pembina
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Pembina Paskibra
|
|
|
7.
|
Bimbingan dan Konseling
|
a) Bimbingan Belajar
Bimbingan
yang dilakukan untuk
memberikan informasi tentang
belajar yang
baik ataupun
menentukan
bagaimana belajar
yang baik
b) Bimbingan Pribadi
Bimbingan
yang dilakukan tentang
bagaimana
seorang/ pribadi dalam
menentukan cara belajar,
bersikappada
diri sendiri ataupun
bersikap
pada orang lain , baik itu
yang
seusia / lebih muda ataupun
yang
lebih tua
c) Bimbingan Sosial
Bimbingan yang dilakukan ,
Bagaimana
seseorang itu bersikap
pada
oranglain dan masyarakat
|
Siswa kelas X
, XI dan Kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
Kesiswaan
Guru BK
Wali Kelas
|
Terbentuknya :
a.. Siswa yang mempunyai karakter yang baik sebagai seorang pelajar
b. Mampu melaksanakan kegiatan pembe;ajaran dengan
baik
c. Terjalinnya hubungan social dan komunikasi yang
baik antar siswa dan seluruh komponen keluarga besar sekolah
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
|
|
d) Bimbingan
Karier
Bimbingan
yang mengarahkan /
membantu
siswa untuk mencari /
menentukan pendidikan tinggi
sesuai
dengan minat siswa
e) Kunjungan
kerumah siswa
( Home
visit )
f) Pembinaan siswa
secara individu
atau
kelompok yang bermasalah
dalam hal
belajar, social, dan
pribadi
g) Pembinaan pada siswa yang
berprestasi diantaranya melalui
program
P3A
h) Pembinaan kedisiplinan
i) dan lain-
lian
|
Siswa kelas X
, Xi dan kelas XII
|
Juli 2012
S d
Juni 2013
|
|
|
d.. Banyak
kelas XII siswa yang dapat melanjutkan ke PTN ( > 50 % dari jumlah
siswa )
|
|
8
|
Penglepasan Siswa kelas XII
|
a) Penyusunan program
b) Peralatan dan perlengkapan
c) Sound sisyem
d) Konsumsi
e) Hiburan
f) Transportasi kegiatan
|
Siswa kelas
XII
|
Mei 2013
|
|
Kesiswaan
Pembina OSIS
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KEBUTUHAN BIAYA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
TARGET
|
KET
|
9
10
|
Pengumuman kelulusan
Alumni
|
a. Penyampaian kelulusan siswa
kelas XII
a) Pendataan siswa yang telah di
terima di
perguruan tinggi
b) Pertemuan alumni
SMA PRISMA
|
Siswa kelas
XII
|
Mei 2013
Juni 2012 s/d Oktober 2012
|
|
Kurikulum
Kesiswaan
Kesiswaan
Pembina OSIS
|
Lulus 100 %
Terjalin komunikasi yang insentif sesame alumni
|
|
Serang, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala SMA PRISMA Waka Kesiswaan
Iswandrianto,S.Pd.,M.Si Drs. Riski Alfian
NIP : 1960 0905 1981031011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar