Jumat, 08 Maret 2013

RPP Kimia Kelas X SMA Prisma 2012



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Nama Sekolah       :  SMA  PRISMA 
Mata Pelajaran       :  Kimia
Kelas/Semester      :  X / 1
Pertemuan Ke-       :  1
Alokasi Waktu        :  3 jam pelajaran
Standar Kompetensi   :  1.  Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Kompetensi Dasar   :  1.1   Memahami  struktur  atom  berdasarkan  teori  atom Bohr,  sifat -
                                         sifat unsur, massa atom  relatif, dan sifatsifat  periodik  unsur  dalam  
                                        Tabel periodik  serta menyadari  keteraturannya,  melalui  pemahaman
                                        konfigurasi elektron
Indikator                      :   Membandingkan perkembangan pengelompokan unsur-unsur kimia
                                       dalam sistem periodik unsur

                          Karakter siswa yang diharapkan  : 
  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
  Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
                          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
                          Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil
I.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
·        Menjelaskan perkembangan pengelompokan unsur-unsur dalam sistem periodik unsur
II.     Uraian Materi Pembelajaran
Ø  Perkembangan  sistem periodik  unsur
Ø  Susunan unsur dalam sistem periodik modern
III.  Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.   Langkah-Langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Awal (Apersepsi)
Dengan menggunakan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
guru  memberikan  contoh  bahwa  ilmu  pengetahuan  selalu  mengalami
penyempurnaan.
2.     Kegiatan Inti
                                                             a.      Menjelaskan perkembangan sistem periodik unsur, mulai dari pengelompokan unsur menurut Lavoisier , Triade Dobereiner, Oktaf Newlands , Mendeleev serta
Lothar Meyer
                                                            b.      Menjelaskan Susunan unsur dalam sistem periodik modern
                        3.    Kegiatan Akhir ( penutup )
                                      Siswa membuat kesimpulan  tentang perkembangan system periodic , susunan
                                          unsurnya dan perbedaan model atom  sesuai dengan  perkembangan teori atom
                                      Guru melakukan penilaian atas kesimpulan yang telah dibuat siswa
                 V.   Sumber Belajar
                                 a. Tabel periodik  unsure
                                 b. Buku Cerdas belajar Kimia kelas X SMA penerbit Grafindo
                                 c. Buku Kimia jilid  1 Kelas X SMA penerbit Yudhistira
                VI.  Penilaian
                                Bentuk Tagihan                 :  Uraian dan tabel
                                Jenis tagihan                      :   jawaban uji pemahaman
                                Aspek yang dinilai            :
                                                 Kognitif               ;  Menjawab uji pemahaman 
                                                  Psikomotor         ;  Menunjukkan letak unsur  dalam sistem periodik
                                                                               unsur   berdasarkan tabel system periodik
                               
                                Siswa diberikan tugas  rumah :
a.       Uji Pemahaman konsep 1.1  hal  8 Buku Kimia kelas X penerbit Grafindo
b.      Uji Pemahaman kilas balik  hal 10 buku kimia jilid 1 penerbit Yudhistira


                                Tugas :
1.       Jelaskan prinsip dasar yang digunakan Mendeleev dalam mengelompokkan unsure ?
2.       Apakah tujuan pengelompokan unsure ?
3.       Apa dasar penyusunan system periodic modern?



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah       :  SMA  PRISMA 
Mata Pelajaran     :  Kimia
Kelas/Semester     :  X / 1
Pertemuan Ke-      :  2-3
Alokasi Waktu        :  6 jam pelajaran
Standar Kompetensi   :  1.  Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur

                                        dan ikatan kimia
           Kompetensi Dasar   :  1.1   Memahami  struktur  atom  berdasarkan  teori  atom 
Bohr,sifsifat unsur, massa atom  relatif, dan sifatsifat  periodik  unsur  dalam   tabelperiodik  serta menyadari  keteraturannya,  melalui  pemahamankonfigurasi elektron 

Indikator                      :  a. Menjelaskan  pengelompokan unsur dalam golongan
                                          dan periode pada sistem periodik modern
a. Menjelaskan partikel dasar penyusun atom
b.Menentukan  jumlah  proton,  elektron,  dan neutron suatu unsur 
    berdasarkan nomor atom dan nomor massa dan sebaliknya.
c. Menentukan isotop, isobar, dan isoton suatu unsur.
d.Menentukan letak unsur berdasarkan konfigurasi elektron dan
    elektron valensi- nya

                          Karakter siswa yang diharapkan  : 
  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
  Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
                          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
                          Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
a. Mendeskripsikan sejarah penemuan partikel dasar penyusun atom, yaitu elektron, proton, dan neutron
b.Menentukan nomor atom dan nomor massa berdasarkan tabel periodik
c. Menentukan jumlah proton, elektron dan neutron  dari unsur atom
d.Mengelompokkan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
e.Menentukan golongan dan periode atom berdasarkan konfigurasi elektron dan elektron valensi-nya

II.     Uraian Materi Pembelajaran
Ø  Partikel dasar penyusun atom antara lain elektron, proton, dan neutron.
Ø  Jumlah proton  atau  elektron yang dimiliki atom merupakan nomor atom, sedangkan                   jumlah proton dan neutron disebut nomor massa.
Ø  Unsur-unsur yang memiliki jumlah proton sama disebut isotop, unsur yang
        memiliki jumlah neutron sama disebut isoton, dan unsur yang memiliki
        nomor massa sama disebut isobar.
Ø  Susunan elektron dalam atom berdasarkan konfigurasi elektron

III.  Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas
IV.   Langkah-Langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru menjelaskan kepada siswa  tentang struktur atom yang terdiri atas  inti atom dan
kulit yang  berisi elektron.
2.     Kegiatan Inti
                                                             a.      Menjelaskan  sejarah penemuan  elektron, proton dan neutron
                                                            b.      Menjelaskan  pengertian indeks angka dalam tiap unsur   khususnya nomor atom , massa atom, di tabel sistem periodik
                                                             c.      Menjelaskan cara  menentukan jumlah proton, elektron dan neutron  berdasarkan indeks angka nomor atom dan massa atom dalam tabel sistem periodik unsur
                                                            d.      Menjelaskan   pengertian isotop, isobar dan isoton
                                                             e.      Menjelaskan  konfigurasi elektrron yang terbentuk pada kult electron
                                                             f.      Cara menentukan letak atom unsur dalam tabel periodic berdasarkan konfigurasi electron yang terbentuk
                   3.    Kegiatan Akhir ( penutup )
                                      Guru memberikan waktu pada siswa untuk bertanya pada materi diatas yang belum
                                      dipahami/ belum dimengerti
                                      Guru  menjawab pertanyaan siswa yang belum mengerti dan menjelaskan kembali
                                      kesimpulan dari materi pembelajaran
                                          Guru memberikan latihan penyelesaian  soal tentang materi pembelajaran
             V.   Sumber Belajar
                                 a. Tabel periodik  unsure
                                 b. Buku Cerdas belajar Kimia kelas X SMA penerbit Grafindo
                                 c. Buku Kimia jilid  1 Kelas X SMA penerbit Yudhistira
            VI.  Penilaian
                                Bentuk Tagihan                 :   Uraian dan tabel
                                Jenis tagihan                      :   jawaban uji pemahaman
                                Aspek yang dinilai            :
                                                 Kognitif               ;  Menjawab uji pemahaman
                                                Psikomotor         ;  -
                               
                                Siswa diberikan tugas  rumah :
a.       Uji Pemahaman konsep 1.3  hal  22  Buku Kimia kelas X penerbit Grafindo



                                Tugas :
1.    Tentukan jumlah proton, electron dan neutron unsure atau ion berikut :
a.       199 F                         b. 2311 Na                              c. ion F -                d. ion Na+
2.    Diketahui nomor atom dan nomor massa aluminium adalah 13 dan 27, tentukan jumlah
      proton, electron, neutron dan ion aluminium Al3+  :
3.    Berdasarkan sejarah penemuan  partikel penyusun atom ( electron, proton dan neutron ) ,
      siapakah penemu dari masing-masing partikel penyusun atom tersebut dan sebutkan
      sifat-sifat sinar katode, sinar katode dan sifat –sifat neutron  :
4.    Berdasarkan tabel  sistem periodik  unsur , salin dan lengkapilah table berikut :
    
Nama
Simbol
Nomor atom
Massa atom
Proton
Neutron
Elektron
Timah
……..
……..
……..
……..
……..
……..
Seng
Zn
……..
……..
……..
……..
……..
Boron
B
……..
……..
……..
……..
……..
Sesium
Cs
……..
132,91
……..
……..
……..
5.    Tentukan golongan dan periode,  unsure-unsur berikut  :
a.          9F            b. 12Mg                  c. 54Xe                   d. 82Pb                  e. 35As
6.    Tentukan konfigurasi  electron dan jumlah electron valensi unsure berikut :
a.          17Cl          b.  10Ne                  c. 32Ge                  d. 51Sb                   e. 81TI
7.    Apa yang dimaksud  dengan isotop, isoton dan isobar, berilah contoh masing-masing